Belajar Teater Bersama Teater Satu

Teater Satu meluncurkan kelas daring bertajuk Belajar Teater yang dapat dimanfaatkan sebagai pilihan belajar seni peran via internet. Kelompok teater yang berbasis di Bandar Lampung tersebut membagikan pengetahuan seni peran dan bagaimana mennggunakannya di atas panggung. Melalui kanal Youtube mereka, publik dapat mengakses materi-materi seni peran Teater Satu tersebut tanpa harus membayar.

’’Sementara baru dua edisi yang kami tayangkan,’’ terang Iswadi Pratama, sutradara sekaligus pemimpin Teater Satu. Dua tayangan itu berjudul Pesona Aktor Jelek dan Tips Lolos Casting. Dua video tersebut dikemas dalam durasi antara 10 hingga 20 menit dan disampaikan dengan cara yang santai dan segar. Siasat tersebut menghindarkan Belajar Akting dari kesan menggurui yang membosankan dan menjengkelkan.

Pada Tips Lolos Casting, Iswadi membeber bagaimana pentingnya penguasaan seni peran bagi mereka yang tertarik dengan dunia panggung maupun film. Dalam edisi ini, Iswadi mengingatkan bagaimana seorang aktor tak bisa sekadar membangun peran berdasar hal-hal yang umum. Peran seorang ibu misalnya. Aktor wajib tahu ibu seperti apakah yang tengah dia perankan sesuai naskah. Tanpa itu, pemeranan tokoh seorang aktor hanya akan menghasilkan bentuk-bentuk klise yang jauh dari meyakinkan.

Di edisi Pesona Aktor Jelek, Iswadi menyentil kecenderungan umum mereka yang sengaja berupaya tampil penuh tenaga dan pesona demi menarik penonton. Kecenderungan semacam itu seringkali berakhir buruk. Pada Pesona Aktor Jelek, Iswadi mengingatkan wujud fisik seorang aktor tak selalu menjadi penentu. Mereka yang biasa-biasa saja bukan tak mungkin justru mampu meyakinkan penontonnya bila penguasaan seni peran benar-benar diolah dengan serius.

Belajar Teater Bersama Teater Satu menjadi alternatif yang menyenangkan di masa pandemi Korona. Kelas daring bertema teater ini melengkapi bentuk-bentuk kehadiran teater seperti pentas online hingga diskusi daring yang marak belakangan ini. Iswadi Pratama adalah salah satu pelaku teater yang kerap menjadi pengampu kelas seni peran yang diselenggarakan di Jakarta. Dia pernah menjadi pengampu Kelas Akting Salihara dan Kelas Akting Titimangsa. Bersama Teater Satu, dia menjelajahi panggung-panggung di dalam dan luar negeri hingga menjadi salah satu pelaku teater yang diperhitungkan di Indonesia saat ini.

Read more

Leave a Reply